Kegiatan Kurikulum.

 

 

 

Kegiatan Kurikulum

 STRUKTUR KURIKULUM SMAN 1 CIBINONG TP. 2014-2015

 

      NO        MAPEL                                                              JUMLAH JAM
                        X                             XI                XII
WAJIB    MIPA     IPS WAJIB     MIPA      IPS      IPA     IPS
1  PEND AGAMA & BUDI PEKERTI 3     3     2 2
2  PPKN 2     2     2 2
3  BAHASA INDONESIA 4     4     4 4
4  BAHASA INGGRIS 2     2     4 4
5  MATEMATIKA 4 3   4 3   4 4
6  FISIKA   3     3   4  
7  KIMIA   3     3   4  
8  BIOLOGI   3     3   4  
9  SEJARAH 2   3 2   3 1 3
10  SOSIOLOGI     3     3   4
11  EKONOMI     3     3   4
12  GEOGRAFI     3     3   3
13  SENI BUDAYA 2     2     2 2
14  PENJASKES 3     3     2 2
15  TIK             2 2
16  KETERAMPILAN BAHASA             2 2
17  PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 2     2        
18  BAHASA DAN SASTRA SUNDA* 2     2        
19  Mulok Komputer*   2 2   2 2 2 2
  JUMLAH 26 14 14 26 14 14 41 42

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Ektrakulikuler

Kegiatan Ektrakulikuler

 

Selamat dan Sukses 

 

 

 

 

 

Juara 1 Squash Tingkat Nasional a/n Asya Annisa

Juara 1 Drawing tk Nasional a/n Nurhikmah

a) Juara 1 : Padus , Bola Basket ,Modeling se jabodetabek

bertempat di SMAN 2 Depok

Juara 1 modeling a/n Asya Annisa, juara 2 Nicky,

juara favorit Venike, Juara 1 busana muslim s/n Nicky,

juara favorit Cantika

b)Juara 1lomba Debat  a/n Tiara Pancar, Ilyas dan Aletta

Disdik Kab. Bogor dan mewakili Kab Bogor ke Provinsi Jawa Barat

c)  Juara 2 dan juara Favorit Modeling tingkat Jabodetabek

d)Juara 4 Cerdas cermah Rohis se Jabodetabek a/n  Ilyas,

Hafizh Adzikri dan Alphin

 

e)  Juara 1 Padus Goes To Scholl Radar Bogor dan Honda

 

 

 

Kegiatan Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Cibinong

 

          Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan rutin sekolah dalam setiap tahun pelajaran. Kegiatan ekstra kurikuler ini terlahir sebagai respon terhadap perkembangan dan perubahan  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kegiatan ini memberikan dasar – dasar pengetahuan, ketrampilan, keahlian, serta pengalaman belajar yang akan membangun integritas sosial serta mewujudkan karakter pembelajaran yang sejalan dengan prinsip belajar seumur hidup dan pengalaman belajar sepanjang hayat (learning to life) yang mengacu pada empat pilar pendidikan universal,  yaitu belajar mengetahui (learning to know), belajar melakukan (learning to do), belajar menjadi diri sendiri (learning to be), dan belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together).

 

         Kegiatan ekstrakurikuler sangat membantu siswa dalam menampung, menyalurkan, membimbing  bakat dan minatnya. Selain itu, dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler, hal ini akan meningk

atkan skill / keahlian siswa dalam menghadapi persaingan hidup di era globalisasi ini. Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan prestasi sekolah baik akademik maupun non akademik.

 

          Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Cibinong adalah se

bagai berikut :

 

  • Pramuka (Wajib)
  • PMR
  • KIR
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Mandari
  • Sepak Bola
  • Volley
  • Renang
  • Basket
  • Tae Kwo n Do
  • Penca silat
  • Karate
  • Fashion Modeling
  • KIR
  • Seni Lukis
  • Paduan Suara
  • Band
  • Dance
  • Tari Tradisional
  • Ro kris
  • Rohis
  • Komputer
  • Olimpiade Fisika
  • Olimpiade Matematika
  • Olimpiade Kimia
  • Olimpiade Biologi
  • Olimpiade Antropologi
  • Seni Tari
  • Catur

 

Kegiatan PMR

 

 

Palang Merah Remaja atau PMR

 

 adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Terdapat di tiap tingkatan PMI diseluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 5 juta orang. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

 

PMI mengeluarkan kebijakan pembinaan PMR:

 

  1. Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan.
  2. Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan.
  3. Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI.
  4. Remaja adalah kader relawan.
  5. Remaja calon pemimpin PMI masa depan.

 

Tujuan pembinaan dan pengembangan PMI masa depan:

 

  1. Penguatan kualitas remaja dan pembentukan karakter.
  2. Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya.
  3. Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.
  4. Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya.
  5. Anggota PMR adalah calon relawan masa depan.

 

 

Kegiatan Pramuka

 PRAMUKA

Ambalan Niskala Wastu Kencana & Dewi Sartika Gudep.19.243 dan 19.244

 

INFO PRAMUKA

 

PANITIA PERKEMAHAN DAN SANGGA

       
No Nama JabatanP JabatanP2 PenRegu Sangga KetuaSangga
1 Taufiq Nur Hajid Ketua OSIS Penanggung Jawab 0    
2 Iqbal Fajar Iman Bantara Ketua 0    
3 Febriyatno Wisnu Pratama Pradana Sie. Acara 0    
4 Kayfi Kafrawi Ridwan Bantara Sie. Peralatan 0    
5 Muhamad Rifnaldy Pratama Bantara Sie. Lapangan 0    
6 Ayu Cusiayuni PMR Sie P3K 0    
7 Yusinta Meilani PMR Sie P3K 0    
8 Sapitri Kusuma Wardhani PMR Sie P3K 0    
9 Amanda Friska Triwahyuningtyas PMR Sie P3K 0    
10 Diaz Rianty Safitrie PMR Sie P3K 0    
11 Vira Listiani PMR Sie P3K 0    
12 Annisa Ilma Naviardianti Bantara Sie. Konsumsi 1 Perintis 1  Elizabeth Hariani
13 Devie Amalia Lestari Bantara Sie. Konsumsi 2 Perintis 2 Wulan Rahmawati
14 Marlynda Maya Triana Bantara Koord. Sie. Konsumsi 3 Perintis 3 Arhyani Kumbun Pali
15 Genta Sena Santosa Bantara Sie. Keamanan 4 Perintis 4 Paramitha Aryani
16 Savitri Nur Alfiyah Bantara Sie. Acara 5 Perintis 5 Anggita Rahmawati Wahyu
17 Fitriani Nadaa Faadhilah Bantara Sie. Lapangan 6 Perintis 6 Fadhilah Amatulloh
18 Listyarum Hening Pakerti Bantara Sie. Lapangan 7 Perintis 7 Rissa Dewi Madani
19 Sri Devi Agustina Bantara Bendahara 1 8 Pencoba 1 Anggraini Wulansari
20 Rabiatul Aini Harahap Bantara Sie. Konsumsi 9 Pencoba 2 Maria Natalina Lumban Gaol
21 Sheryn Maulidya Aswandina Firsty Bantara Koord. Sie. Humas 10 Pencoba 3 Fadhilah Azhar Gunawan
22 Tiara Saraswaty Bantara Sie. Humas 11 Pencoba 4 Nadiah Hopipah
23 Tiara Mustika Waldina Bantara Sie. Humas 12 Pencoba 5 Dwinda Febriani
24 Puspita Kalam Bantara Koord. Sie. Acara 13 Pencoba 6 Nadiya Rahmah Qurnaini
25 Delia Ajeng Nursakinah Bantara Sekretaris 1 14 Pencoba 7 Shania Fortuna
26 Nadiatulhaq Amalia Bantara Sie. Acara 15 Pencoba 1 Dian Permatasari
27 Aldera Bantara Sie. Konsumsi 16 Pencoba 2 Nina Deslina
28 Irawati Bantara Sie. Humas 17 Pencoba 3 Affifa Annabila
29 Vinka Dorothy Purba Bantara Sie. Lapangan 18 Pencoba 4 Hauracitra Eska Garinda
30 Danishwara Adi Bagasputera Bantara Koord. Sie. Keamanan 19 Pencoba 5 Ajeng Kurniasri Pritadewi
31 Ilyas Muttaqin Bantara Sie. Keamanan 20 Pencoba 6 Zulfa Lailurrohmah
32 Zaid Aulia Rahman Bantara Sie. Keamanan 21 Pendobrak 1 Fajri Ramadhani
33 Hafidz Azzikri Bantara Sie. Peralatan 22 Pendobrak 2 Anugrah Rajanta
34 Naufal Muqsith Bantara Koord. Sie. Peralatan 23 Pendobrak 3 Bayu Eka Surya
35 Eggy Nugraha Ariansyah Bantara Sie. Acara 24 Pendobrak 4 Gerasimos Anggoro Priosudarmo
36 Alief Ramadhan Putra A. Bantara Sie. Acara 25 Pendobrak 5 Muhammad Musyaffa Nur Qisthy
37 Ben Dobson Eleazar Siallagan Bantara Bendahara 2 26 Pendobrak 6 Andreas Adithya
38 Yohanes Bayu Nindyoko Bantara Sekretaris 2 27 Pendobrak 7 Muhammad Dimas Mawarid
39 Lutfi Maulana Bantara Sie. Lapangan 28 Pelaksana 1 Gerry Praditya Atmaji
40 Ikhwan Nur Ramadhan Bantara Sie. Humas 29 Pelaksana 2 Muhamad Rifal
41 Emerald Taufik Akbar Makerti Bantara Sie. Peralatan 30 Pelaksana 3 Aditya Arya Pratama
42 Irfani Faiq Erlangga Bantara Sie. Acara 31 Pelaksana 4 Mohammad Ridwan Ashidiqi Sudiharto
43 Andi Johan Prayoga Bantara Sie. Lapangan 32 Pelaksana 5 Gideon Victor Tulus Parulian
44 Adyama Arya Samasta Ketua MPK Pengarah 33 Pelaksana 6 Muhammad Adamas
45 Ivan Fikriansyah Bantara Wakil 34 Pelaksana 7 Yehezkiel Frans Cessario Irala

Dalam rangka penilaian Ektra kulikuler Wajib Pramuka kls X akan dilaksanakan Perkemahan pada tanggal 1 dan 2 April 2015

bertempat di Buperta cibubur Jakarta Dengan jadwal sbb :

GUDEP PRAMUKA  19.243-19.244  SMAN 1 CIBINONG

SUSUNAN ACARA PERKEMAHAN DI BUPERTA CIBUBUR JAKARTA

         

No

Hari/Tgl

 Hari/Tgl

Kegiatan

Penanggung Jawab

1

Rabu

 07.30 - 08.30

Pemberangkatan menuju Buperta (baju Pramuka lengkap)

Sie Akomodasi

 

01/04/2015

 08.30 - 09.00

Dinamika Kelompok

Sie Akomodasi

 

 

 09.00 - 10.00

Upacara Pembukaan (pakaian Pramuka)

Camat Cibinong

 

 

 10.00 - 12.00

Kegiatan Penilaian 1 (pakaian Pramuka)

Sie Acara

 

 

 12.00 - 13.00

Ishoma

 

 

 

 13.00 - 15.00

Kegiatan Penilaian 2 (pakaian Pramuka)

Sie Acara

 

 

 15.00 - 16.00

Ishoma

 

 

 

 16.00 - 17.00

PBB

Sie Acara/Panitia

 

 

 17.00 - 17.15

Apel Sore

Dra Istilatik

 

 

 17.15 - 18.15

Mandi, makan

 

 

 

 18.15 - 20.00

Sholat Magrib,Tausiyah sholat Isya

Sie Kerohanian

 

 

 20.00 - 23.00

Upacara Api Unggun (Kaos Putih, training ,Jaket)

Sie Acara/Panitia

 

 

 

Pentas Budaya

Sie Acara/Panitia

 

 

 

Renungan

Sie Kerohanian

 

 

 23.00 - 01.00

Kegiatan Penilaian 3

Sie Acara/Panitia

 

 

 01.00 - 05.00

Tidur Malam

 

2

Kamis

 05.00 - 06.00

Ishoma

 

 

 

 06.00 - 06.15

Apel Pagi  (baju Olah raga SMAN 1)

Jajat Abidin, S.Pd

 

02/04/2015

 06.15 - 07.00

Olah Raga (baju Olah raga SMAN 1)

Sie Acara/Panitia

 

 

 07.00 - 08.00

Lomba Masak

Sie Acara/Panitia

 

 

 08.00 - 12.00

Penilaian Carakter Building

Sie Acara/Panitia

 

 

 12.00 - 13.00

Ishoma

 

 

 

 13.00 - 13.30

Dinamika Kelompok

Sie Acara/Panitia

 

 

 13.30 - 14.30

Upacara Pelantikan dan pembagian Piagam (baju Pramuka Lengkap)

Kepala sekolah

 

 

 14.30 - 15.30

Kembali Pulang ke SMAN 1 Cibinong

Sie Akomodasi

 

 

 

 

 

  


Ambalan Niskala Wastu Kencana dan Dewi Sartika Gudep.19.243 dan 19.244

PRAMUKA MEMBENTUK KARAKTER BANGSA

Hymne 

Satya Darma Pramuka

  Kami, Pramuka Indonesia..

Manusia Pancasila..
Satya-ku, kudharmakan..
Dharma-ku, kubaktikan..
Agar jaya, Indonesia..
Indonesia, Tanah Airku..
Kami jadi pandumu..

 

Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013

Kegiatanekstrakuriku-ler Pramuka wajib diikuti oleh setiap peserta didik mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA

  • Peserta didik wajib dapat nilai memuaskan
  • Wajib ada pada  setiap semester.
  • Nilai berpengaruh terhadap kenaikan kelas

Nilai di bawah memuaskan dalam dua semester atau satu tahun memberikan sanksi bahwa peserta didik tersebut harus mengikuti program remedial atau perbaikan

 

RUANG LINGKUP MATERI KEPRAMUKAAN

1. Kegiatan Kepramukaan(45 menit):

§  a. Konsep Dasar Kepramukaan

§  1) Sejarah Kepramukaan

§  2) Pengertian dan Dasar Gerakan Pramuka

§  3) Jenis Kegiatan Kepramukaan

§  4) Tujuan Kegiatan Pramuka

§  5) Fungsi Kegiatan Pramuka

§  6) Peran dan Fungsi Mabigus

§  7) Syarat Kecakapan Pramuka

§  b. Jenis Kegiatan Pembentuk Karakter

§  c. Internalisasi Nilai Karakter

 

2 Strategi Implementasi Kegiatan (45 Menit)

a. Perencanaan Program

b. Pelaksanaan Program

c. Penilaian

 

3. Evaluasi Program Pramuka (90 menit)

a. Monitoring dan Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka

b. Pelaporan

 

c. Tindak Lanjut

 

PRAMUKA


Praja Muda Karana
Pemuda Pembangun Bangsa
Hampir setengah abad mendampingi
Mendampingi metafora bangsa ini

Pemuda yang trampil dan berguna
bagi semua
Bagai nyiur
Nyiur yang segar dan berdaun lebat
Penuh inspirasi dan kreatifitas
Tidak pernah goyah walau ombak menerpa
Nyiur...Pramuka...
Semua berguna
Berguna untuk semua

 

 Pramuka atau kita kenal dengan PRAJA MUDA KARANA yang artinya adalah  pemuda yang suka banyak berkarya.

 

Terdapat perbedaan antar istilah Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka.

 

  • Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda disini merupakan ukuran semangat untuk maju.
  • Kepramukaan adalah nama kegiatan yang ada di dalam pramuka itu sendiri, kegiatan yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan. Ada banyak sekali kegiatan yang ada di Pramuka (Akan di bahas pada Postingan berikutnya)
  • Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi tempat pramuka itu berkumpul dan menyelesaikan masalah secara bersama. tingkatan organisasi ini misalnya seperi Gerakan Pramuka Kwartir Daerah, Gugus depan dan lain sebagainya (lebih rinci akan khusus di bahas pada struktur organisasi Gerakan Pramuka) 

 

Untuk mempermudah dalam mengingat, Bedakan saja ketiga istilah tersebut secara singkat seperti di bawah ini

 

  • Pramuka mengacu kepada orang nya (peserta didik, pembina, andalan dalam hal ini)
  • Kepramukaan mengacu kepada nama kegiatan (seperti jambore dsb)
  • Gerakan Pramuka mengacu kepada organisasinya (seperti Gugus Depan, dsb)

 

 Dasa Darma :Pramuka Itu :


1 Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2 Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia
3 Patriot yang sopan dan ksatria
4 Patuh dan suka bermusyawarah
5 Rela menolong dan tabah
6 Rajin, terampil dan gembira
7 Hemat, cermat dan bersahaja
8 Disiplin, berani dan setia
9 Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10 Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

 

 

 PERAN, TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

PEMBINA PRAMUKA

I.       PENDAHULUAN

1      Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik..

2      Kepramukaan merupakan sistem pembinaan dan pengembangan sumberdaya atau potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas yang mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional.

3.     Dalam kepramukaan proses pendidikan terjadi karena adanya pertemuan yang interaktif dan komunikatif yang digerakan oleh Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang dilaksanakan secara teratur, terarah, terencana dan berkesinambungan oleh peserta didik sendiri dengan dukungan orang dewasa.

4.    Orang Dewasa yang terlibat langsung dalam proses pendidikan tersebut di atas ialah Pembina Pramuka.

II.     MATERI POKOK

1.     Peran Pembina

a.     Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang langsung bergiat bersama peserta didik, membimbing, memberikan dukungan dan fasilitas agar para peserta didik dapat bergiat dengan teman-teman dalam satuannya dengan riang gembira, tekun, terjamin keselamatannya, sehingga acara kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar dan menghasilkan kepuasan batin pada semua peserta didik.

b.    Dalam memberikan bimbingan dan bantuan agar peserta didik dapat melaksanakan kegiatan sebagaimana yang diharapkan, Pembina Pramuka menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kiasan Dasar dan Sistem Among, sehingga lewat kegiatan yang disajikan Pembina Pramuka dapat mendidikan sikap dan perilaku yang dilandasi kematangan spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial.

c.     Pembina Pramuka hendaknya peka terhadap kebutuhan peserta didiknya, menerima dan mau mengerti (acceptance-understanding) terhadap kebutuhan peserta didik.

d.    Pembina Pramuka sebagai pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang terdepan mengemban tugas untuk memberikan pendidikan agar peserta didik menjadi:

1)    manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur,

2)    warga negara Rebuplik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara kesatuan rebuplik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

e.     Dengan demikian peranan Pembina Pramuka dapat disimpulkan, sebagai berikut:

1)     Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang terlibat langsung dalam kegiatan kepramukaan dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan peserta didik, ialah terciptanya kegiatan yang bersifat kekinian, menarik, dan menantang.

2)     Pembina Pramuka dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Sistem Among, mendayagunakan kegiatan peserta didik menjadi media pendidikan.

3)     Pembina Pramuka adalah sukarelaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam kepramukaan dan  sebagai mitra peserta didik sangat peduli terhadap kebutuhan mereka, serta dengan penuh kesabaran: memotivasi, membimbing, membantu dan  memfasilitasi kegiatan sehingga kegiatan peserta didik dapat berjalan dengan lancar, sukses dan terjaga keselamatannya.

2.     Tugas Pembina Pramuka  

a.     Pembina Pramuka mempunyai  tugas membina pramuka dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, dan Sistem Among, dan berkewajiban selalu memperhatikan tiga pilar kegiatan kepramukaan, ialah: kegiatan kepramukaan harus modern (kekinian, baru, tidak ketinggalan jaman), bermanfaat bagi peserta  didik dan masyarakat lingkungannya, dan adanya ketaatan pada Kode Kehormatan Pramuka.

b.    Pembina Pramuka bertugas dengan sukarela menepatkan posisinya sebagai mitra peserta didik  untuk dapat memfungsikan diri peserta didik sebagai subyek pendidikan, karena pada hakekatnya  kepramukaan adalah pendidikan sepanjang hayat dan oleh karena itu peserta didik harus disiapkan sejak dini bahwa merekalah yang akan  mendidik diri mereka sendiri.

       Sebagai mitra peserta didik pembina pramuka bertugas untuk selalu memberikan motivasi, stimulasi, bimbingan, bantuan dan menyediakan fasilitas kegiatan.

c.     Pembina Pramuka berkewajiban membantu Gugusdepan dalam rangka pelaksanaan kerjasama dan hubungan timbal balik antara Gerakan Pramuka dengan orang tua/wali pramuka dan masyarakat.

 

3.    Tanggung jawab Pembina Pramuka

        Dalam melaksanakan peran dan tugasnya, tanggung jawab Pembina Pramuka ialah sebagai berikut:

        Pembina Pramuka bertanggung jawab atas:

a.     terselenggaranya kepramukaan pada satuan pramuka ialah sebagai berikut.

b.    tetap terjaganya pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan pada semua kegiatan pramuka

c.     terselenggaranya kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka , akan menjadi media pembinaan pengembangan  mental-spiritual-moral, pisik, intelektual, emosional, dan sosial, sehingga peserta didik akan memiliki kematangan dalam upaya peningkatan kemandiriannya serta aktivitasnya di masyarakat.

d.    terwujudnya peserta didik yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, yang setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik berguna.

e.     dalam melaksanakan  tugasnya Pembina Pramuka bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, Masyarakat, Pembina Gugusdepan dan diri pribadinya sendiri.

4.     Oleh  karena peran, tugas dan tanggung jawab Pembina Pramuka dapat dikatakan cukup berat, maka dalam kegiatannya diatur sebagai berikut:

a.     Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia 20 tahun dan Pembantu Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia 16 tahun

       Dalam Perindukan Siaga diperlukan 1 orang Pembina Siaga dan 3 orang Pembantu Pembina Siaga.

b.    Pembina Penggalang sekurang-kurang berusia 21 tahun, dan pembantu Pembina Penggalang sekurang-kurang berusia 20 tahun.

       Dalam Pasukan Penggalang diperlukan 1 orang Pembina Penggalang dan 2 orang Pembantu Pembina Penggalang

c.     Pembina Penegak sekurang-kurang berusia 25 tahun dan Pembantu Pembina Penegak sekurang-kurangnya berusia 23 tahun.

       Dalam Ambalan Penegak diperlukan 1 orang Pembina Penegak dan 1 orang Pembantu Pembina Penegak.

d.    Pembina Pandega sekurang-kurangnya berusia 28 tahun dan Pembantu Pembina Pandega sekurang-kurangnya  berusia 25 tahun.

       Dalam Rencana Pandega diperlukan 1 orang Pembina Pandega dan 1 orang Pembantu Pembina Pandega

e.     Pembina Pramuka sekurang-kurang telah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

 

III.    PENUTUP

1.      Agar seorang Pembina Pramuka dapat memerankan dirinya dengan baik seyogyanya melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan dan menghayati dengan baik prinsip-prinsip dalam kepramukaan, sehingga dapat mengikuti kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik

2.      Sebagai Pembina Pramuka kita akan menjadi subyek yang akan ditiru oleh para peserta didik

3.      Tugas dan tanggung jawab yang membebani Pembina Pramuka cukup berat, namun tugas mendidik anak bangsa agar dapat menjadi anak bangsa  yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, merupakan tugas suci dan mulia.

         Oleh karena itu berbahagialah kita yang terpanggil dengan sukarela memerankan diri sebagai Pembina Pramuka.  Semboyan kita " Ihlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana"

     KEPUSTAKAAN

1.      AD&ART Gerakan Pramuka .Kepres RI No. 24 Tahun 2009 dan Kep. Ka Kwarnas No.203 Tahun 2009.  Kwarnas.  Jakarta, 2009.

2.      PP Gugusdepan Pramuka. Kep. Kwarnas No. 231 Tahun 2007. Kwarnas. Jakarta. 2007

3.      Atmasulistya, Endy R, Drs. H. dkk.  Panduan Praktis Membina Pramuka, Kwarda DKI. Jakarta, 2000.

 TRI SATYA dan DASA DHARMA PRAMUKA

Adapun Janji (sumpah) Pramuka yaitu Tri Satya yang artinya adalah kata-kata janji atau sumpah yang diucapkn oleh seorang Pramuka golongan Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota dewasa.


TRI SATYA


Pengertian dari Tri Satya adalah Tri : tiga, Satya : Kesetiaan,
Artinya adalah tiga kesetiaan yang harus di penuhi oleh atau dipatuhi oleh setiap anggota Pramuka.
Isi dan Arti Tri Satya.
adalah sebagai berikut :

Tri Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
3. menepati Dasa Dharma.

Adapun Tri Satya tersebut diatas mengandung arti bahwa seorang Pramuka berkewajiban sebagai berikut :
• Menjalankan kewajiban/Perintah Tuhan, serta menjauhi segala apa yang menjadi larangan-Nya.
• Kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
• Kewajiban terhadap Pancasila, yaitu dengan cara menghayati dan mengamalkan isinya.
• Kewajiban terhadap sesama masyarakat.
• Kewajiban menhayati dan mengamalkan Dasa Dharma.


DASA DHARMA


Pengertian Dasa Dharma adalah Dasa : sepuluh,
Dharma : Perbuatan baik (kebajikan).
Dasa Dharma adalah sepuluh Kebajikan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam bertingkah laku sehri-hari.
Isi dan Arti Dasa Dharma
adalah sebagai berikut :

Dasa Dharma Pramuka
Pramuka itu :

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, trampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.


 Arti dari masing-masing bait Dasa Dharma tersebut diatas adala sebagai berikut :

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
• Menjalankan semua perintah Tuhan serta meninggalkan segala larangan-larangan-Nya.
• Menbaca do’a atau niat karena Allah dalam setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.
• Patuh dan berbakti kepada kedua orang tua, serta sayang kepada saudara. dsb

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
• Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik disekolah maupun dirumah.
• Ikut menjaga kelestarian alam, baik flora maupun fauna.
• Membantu fakir miskin, yatim piatu, orang tua jompo dan mengunjungi yang sakit. dsb.

3. Patriot yang sopan dan ksatria
• Belajar disekolah dengan baik.
• Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.
• Membiasakan diri untuk berani mengakui kesalahan dan membenarkan yang benar.
• Ikut serta dalam pertahan bela Negara.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.
• Patuh kepada kedua orang tua, guru dan pembina dengan cara mengerjakan tugas sebaik-baiknya.
• Berusaha mufakat dalam setiap musyawarah.
• Tidak mengambil keputusan secara tergesa-gesa yang didapatkan tanpa melalui musyawarah.

5. Rala menolong dan tabah.
• Selalu berusaha menolong sesama yang sedang mengalami musibah atau kesusahan serta tidak pernah meminta atau mengharapikan imbalam (pamrih).
• Tabah dalam mengalami berbagai kesulitan dengan tidak banyak mengeluh, dan tak mudah putus asa.
• Bersedia menolong tanpa diminta. dsb.

6. Rajin, trampil dan gembira.
• Membiasakan menyusun jadwal dalam kegiatan sehari-hari.
• Tidak pernah bolos dari sekolah, selalu hadir diwaktu latihan atau pertemuan pramuka.
• Dapat membuat berbagai macam kerajinan atau hasta karya yang berguna.
• Selalu riang gembira diwaktu melakukan kegiatan atau pekerjaan.

7. Hemat, cermat dan bersahajat.
• Tidak boros dan bersikap hidup hemat.
• Rajin menabung.
• Bersikap hidup sederhana, tidak berlebih-lebihan.
• Tepat waktu (kesekolah, belajar, latihan, dll).
• Bisa membuat perencanaan sebelum tindakan.

8. Disiplin, berani dan setia.
• Selalu tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.
• Mendahulukan kewajiban dibanding sebelum meminta haknya.
• Berani mengambil keputusan.
• Tidak mengecewakan orang lain. dsb.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
• Tidak mengelakkan amanat dengan sesuatu alasan yang dicari-cari.
• Jujur tidak mengada-ada.

10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.
• Selalu berfikir positif dan menghargai sikap atau pendapat orang lain dan bisa menyumbangkan saran yang baik dengan cara yang baik.
• Berhati-hati mengendalikan diri dari ucapan yang tidak pantas dan menimbulkan ketidak percayaan orang lain pada dirinya.
• Berusaha menjaga diri dalam segala tindak tanduk perbuatan yang jelek melanggar menurut kehidupan masyarakat dan aturan agama.

Kegiatan OSIS

Kegiatan Organisasi Intra Sekolah (OSIS)

 

 

PENGERTIAN, FUNGSI, TUJUAN dan STRUKTUR OSIS

 

Dalam upaya mengenal, memahami, dan mengelola Organisasi Siwa Intra Sekolah (OSIS) perlu kejelasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Tujuan serta Struktur OSIS.

 

Dengan mengetahui pengertian, fungsi dan tujuan serta struktur OSIS yang jelas, maka akan membantu para Pembina, pengurus, dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

 

I. Pengertian OSIS, meliputi :

 1. Secara Semantis :
Di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS.
OSIS adalah Organisasi Intra Sekolah. Masing-masing kata mempunyai pengertian :

 a. Organisasi
Secara umum adalah kelompok kerjasama anatara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan
bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan

 b. Siswa, adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah

 c. Intra, berarti terletak di dalam dan di antara. Sehingga suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan

 d. Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, yang dalam hal ini Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah atau Sekolah/Madrasah yang sederajat

 2. Secara Organisasi :
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

 3. Secara Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain
yaitu : latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.

 4. Secara Sistemik :
Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

 Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.
Oleh karena OSIS Sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok, yaitu :

 a. Berorientasi pada tujuan

 b. Memiliki susunan kehidupan berkelompok

 c. Memiliki sejumlah peranan

 d. Terkoordinasi

 e. Berkelanjutan dalam waktu tertentu

 A. Fungsi :

 Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan.

 Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah :

 1. Sebagai Wadah :
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

 2. Sebagai Motivator :
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

 3. Sebagai Preventif :
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan

 A. Tujuan :
Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :

 1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa

 2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat

 3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAMdalam kontek kemajuan budaya bangsa

 4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi

 5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis

 6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistik, budaya dan intelektual

 7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara

 

A. Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari Pembina OSIS, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS

 A. Pembina OSIS :
1. Pembina OSIS terdiri dari :

 a) Kepala Sekolah, sebagai Ketua

 b) Wakil Kepala Sekolah, sebagai Wakil Ketua

 c) Guru, sebagai anggota, sedikitnya 3 (tiga) orang dan bergantian setiap tahun pelajaran

 2. Rincian Tugas :
a) Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan OSIS di sekolahnya;

 b) Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus;

 c) Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;

 d) Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;

 e) Mengarahkan penyusunan Anggaran Rumah Tangga dan program kerja OSIS

 f) Menghadiri rapat-rapat OSIS

 g) Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS

 B. Perwakilan Kelas :

 1. Terdiri atas 2 (dua) orang dari setiap kelas ;

 2. Rincian Tugas

 a) Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas ;

 b) Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS;

 c) Mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas ;

 d) Memilih pengurus OSIS dari daftar calon yang telah disiapkan ;

 e) Menilai laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir tahun jabatannya;

 f) Mempertanggung jawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina ;

 g) Bersama- sama pengurus menyusun Anggaran Rumah Tangga.

 C. Pengurus OSIS :

 1. Syarat Pengurus OSIS

 a) Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

 b) Memiliki budi pekerti yang baik dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman

 c) Memiliki bakat sebagai pemimpin

 d) Tidak terlibat penggunaan Narkoba

 e) Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai

 f) Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajarannya tidak
terganggu karena menjadi pengurus OSIS

 g) Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas

 h) Tidak duduk dikelas terakhir, karena akan menghadapi ujian akhir

 i) Syarat lain disesuaikan dengan ketentua sekolah.

 2. Kewajiban Pengurus :
a) Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan Anggran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS

 b) Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan, dan martabat sekolahnya

 c) Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif

 d) Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada Pembina OSIS dan tembusannya kepada Perwakilan Kelas
pada akhir masa jabatannya

 e) Selalu berkonsultasi dengan Pembina

 D. Struktur dan Rincian Tugas Pengurus :

 1) Ketua :

 a) Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana

 b) Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan

 c) Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan

 d) Memimpin rapat

 e) Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat

 f) Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan

 2) Wakil Ketua :

 a) Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan

 b) Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan

 c) Menggantikan ketua jika berhalangan

 d) Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya

 e) Bertanggung jawab kepada ketua

 f) Wakil ketua bersama dengan wakil sekretaris mengkoordinasikan seksi-seksi

 3) Sekretaris :

 a) Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan

 b) Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat

 c) Menyiarkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan

 d) Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan

 e) Bersama ketua menandatangani setiap surat

 f) Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi

 g) Bertindak sebagai notulis dalam rapat, atau diserahkan kepada wakil sekretaris

 4) Wakil Sekretaris :

 a) Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris

 b) Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan

 c) Wakil sekretaris membantu wakil ketua mengkoordinir seksi-seksi

 5) Bendahara dan Wakil Bendahara :

 a) Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan pengeluaran uang/biaya yang diperlukan

 b) Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan pengeluaran uang untuk pertanggung jawaban

 c) Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan

 d) Menyampaikan laporan keuangan secara berkala

 6) Ketua Seksi :

 a) Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan seksi yang menjadi tanggung jawabnya

 b) Melaksanakan kegiatan seksi yang diprogramkan

 c) Memimpin rapat seksi

 d) Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat

 e) Menyampaikan laporan, pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan seksi kepada Ketua melalui Koordinator

 

OSIS SMAN 1 CIBINONG