Kegiatan Laboratorium

 

Kegiatan Laboratorium

 

 

 Selamat Datang di  Laboratorium

SMAN 1 Cibinong

Website: www.sman1-cbi.sch.id 

Telp 021-8752614

 

LABORATORIUM :

Laboratorium sebagai fasilitas belajar dalam Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21 (SPTK-21, Depdiknas, 2002) merupakan tempat yang digunakan untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dan sebagainya serta menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Laboratorium  dapat berarti suatu ruangan tertutup dengan sejumlah perlengkapan, atau suatu alam terbuka dengan karakteristik natural.

Pengelolaan laboratorium berkaitan dengan pengelola dan pengguna, fasilitas laboratorium (bangunan, peralatan laboratorium, bahan-bahan kimia dan sebagainya), serta aktivitas yang dilaksanakan di laboratorium membutuhkan keahlian khusus, baik yang bersifat teknis maupun managerial dalam rangka menjaga dan mengembangkan fungsi dan peranan laboratorium. Sampai saat ini laboratorium ideal hanya dinyatakan secara fisik dan kelengkapannya serta proporsi antara alat dengan pemakai serta kualitas alat. Sementara dalam pengelolaannya belum dinyatakan  profesional. Setiap komponen alat laboratorium memiliki masa susut dan potensi kerusakan. Tanpa adanya maintenance yang baik akan mempersingkat umur dan daya guna alat. Demikian pula tanpa pengelolaan yang baik, laboratorium hanya sebatas kumpulan alat yang teratur namun tidak fungsional.

Berdasarkan Permendiknas No. 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah. Tenaga laboratorium sekolah merupakan salah satu tenaga kependidikan yang sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah melalui kegiatan laboratorium. Sebagaimana tenaga kependidikan lainnya, tenaga laboratorium sekolah juga merupakan tenaga fungsional. Oleh karena itu diperlukan adanya kualifikasi, standar kompetensi dan sertifikasi. Empat kompetensi utama yang harus dipenuhi sebagai seorang laboran atau teknisi sebagaimana yang tercantum dalam Permen No. 26 tahun 2008 tersebut adalah 1) Kompetensi Kepribadian, 2) Kompetensi Sosial, 3) Kompetensi Administratif,     4). Kompetensi Profesional.

Kualifikasi kepala laboratorium Sekolah/Madrasah menurut Permendiknas melalui jalur guru antara lain: 1) Pendidikan minimal sarjana (S1), 2) Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum, 3) Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah. Guna menjawab tantangan kemajuan di bidang pengelolaan laboratorium dirasa perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan tentang pengelolaan laboratorium sekolah.

 

JADWAL Penggunaan  LABORATORIUM  SMAN 1 Cibinong sbb :

 

1. LAb Fisika

2. Lab Kimia

3. LAb Biologi

4. Lab. Bahasa

5. Lab Komputer